July 22, 2024

Cara Pasang Chatbot di WhatsApp dan Instagram

July 22, 2024

Cara Pasang Chatbot di WhatsApp dan Instagram
Source

Menggunakan chatbot memang sudah lazim sekarang ini, terutama untuk kebutuhan bisnis. Baik chatbot WhatsApp, Telegram, Instagram, dan berbagai media sosial lainnya tersedia untuk digunakan sebagai cara alternatif berinteraksi dengan pelanggan tanpa perlu merekrut karyawan tambahan.

Dari berbagai chatbot yang mungkin menarik untuk dipakai, chatbot WhatsApp dan Instagram mungkin menjadi pilihan utama. Hal ini masuk akal mengingat jumlah pengguna Indonesia aktif di dua platform tersebut merupakan yang paling banyak dibandingkan media sosial lainnya

Selain itu, baik WhatsApp maupun Instagram sudah didesain untuk dapat mendukung berbagai aktivitas bisnis dan kedua media sosial ini dapat dikelola langsung menggunakan Meta Business Account, mengingat keduanya merupakan bagian dari Meta.

Penasaran bagaimana cara memasang chatbot di akun WhatsApp ataupun Instagram bisnis Anda Berikut langkah-langkahnya.

Cara Pasang Chatbot di WhatsApp

Perlu diketahui bahwa untuk memasang chatbot di WhatsApp, Anda harus memiliki akun WhatsApp Business terlebih dahulu. Kemudian, ikutilah tahapan-tahapan berikut ini:

1. Gunakan WhatsApp Business API

Langkah pertama dalam memasang chatbot di akun WhatsApp Business Anda adalah dengan mendaftar menjadi pengguna WhatsApp Business API. Proses ini lebih kompleks dibandingkan dengan mendaftar menjadi pengguna akun WhatsApp Business standar. Anda perlu memiliki:
  • Akun Bisnis Meta
  • Akun WhatsApp Business
  • Aplikasi Bisnis Terkait (Platform Chatbot)
  • Token Akses
Setelah mendaftar, Anda harus melalui proses verifikasi akun bisnis Anda. Proses ini melibatkan pengiriman dokumen-dokumen yang diperlukan untuk memastikan bahwa bisnis Anda sah dan sesuai dengan kebijakan WhatsApp.

2. Membuat Chatbot

Setelah memiliki akses ke WhatsApp Business API, langkah selanjutnya adalah membuat chatbot. Anda perlu memilih platform chatbot yang sesuai dengan kebutuhan Anda seperti misalnya Kommo. Pada tahap ini, Anda harus merancang alur percakapan yang diinginkan. 

Pastikan chatbot Anda mampu menjawab pertanyaan yang sering diajukan oleh pelanggan dan memberikan informasi yang relevan.

3. Integrasi dengan WhatsApp Business API

Setelah chatbot Anda siap, Anda perlu mengintegrasikannya dengan WhatsApp Business API. Mulailah dengan mendapatkan kunci API dari penyedia layanan API Anda. Kemudian, koneksikan platform chatbot Anda dengan WhatsApp Business API menggunakan kunci API tersebut. 

Pastikan Anda mengonfigurasi webhook dengan benar agar chatbot dapat menerima dan mengirim pesan melalui API. Webhook adalah URL yang digunakan untuk menghubungkan chatbot Anda dengan WhatsApp sehingga bisa berfungsi secara otomatis.

4. Uji Coba dan Peluncuran

Sebelum meluncurkan chatbot secara resmi, penting untuk melakukan uji coba terlebih dahulu. Lakukan pengujian menyeluruh untuk memastikan semua fitur dan fungsi bekerja dengan baik. Periksa apakah chatbot mampu merespons pesan dengan cepat dan akurat. 

Setelah yakin bahwa chatbot berfungsi dengan baik, Anda bisa meluncurkannya di WhatsApp dan mulai menggunakannya untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda.

Cara Pasang Chatbot di Instagram

Berikut ini Cara Pasang Chatbot di Instagram 

1. Persiapkan Akun-akun Berikut Ini

Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki akun-akun di bawah ini:
  • Akun Meta for Developers
  • Akun Instagram Profesional
  • Halaman Facebook yang terhubung dengan profil Instagram Anda
  • Langganan platform chatbot yang dipilih

2. Buat Aplikasi di Meta

Masuk ke akun Meta for Developers Anda, lalu pergi ke halaman "Create App". Pada halaman "Create an app", pilih opsi "Other" dan klik "Next". 

Selanjutnya, pada halaman "Select an app type", pilih "Business" dan klik "Next". Di halaman "Details", masukkan nama untuk aplikasi Anda dan klik "Create app". 

Jika diminta, masukkan kata sandi Anda dan klik "Submit" untuk membuat aplikasi. 

Setelah aplikasi dibuat, Anda akan diarahkan ke halaman aplikasi Anda, di mana Anda akan melihat sekumpulan produk. Klik "Set up" pada Messenger, lalu pilih akun bisnis Meta Anda.

3. Konfigurasi Aplikasi

Setelah membuat aplikasi, Anda perlu mengkonfigurasinya. Di menu samping di bawah Messenger, klik "Instagram settings". 

Pada bagian "Access tokens", klik "Add or remove Pages" untuk menghubungkan halaman Anda. Masukkan URL callback yang disediakan oleh layanan chatbot Anda. 

Temukan dan masukkan {PAGE_ID} serta {SUBSCRIPTION_KEY} yang relevan sesuai dengan instruksi dari layanan chatbot Anda. Masukkan "Verify token" yang diberikan oleh layanan Anda, klik “Verify and save”. Klik “Manage” untuk mengedit “Instagram Webhook subscriptions”. 

Pilih “Messages” dan “messaging_postbacks”, lalu klik “Save”.

4. Hubungkan Bot Anda

Selanjutnya, Anda perlu menghubungkan bot Anda melalui portal layanan chatbot Anda. Klik bagian konfigurasi utama. Di bagian Instagram, masukkan Access token Anda. Anda dapat menggunakan Page token, tetapi token ini terkait dengan pengguna yang membuatnya.

Untuk menghindari masalah token di masa mendatang, disarankan untuk mengatur system user access token dan menetapkan aplikasi yang Anda buat sebagai aset. 

Pastikan token Anda tidak kedaluwarsa dengan mengatur masa berlaku ke "Never" dan pastikan token memiliki izin yang diperlukan: instagram_basic, instagram_manage_messages, dan pages_manage_metadata. 

Masukkan “App secret” Anda, yang dapat ditemukan di akun Meta for Developers Anda di bawah “App settings > Basic”.

5. Uji Coba Bot Anda

Setelah semua langkah di atas selesai, Anda siap menguji bot Anda di Instagram. Untuk menguji bot, pengguna akan memerlukan akun Meta for Developers dan perlu memberikan ID Facebook mereka kepada Anda. Pilih “App roles > Roles” dan klik “Add” untuk menetapkan tester. 

Setelah Anda menambahkan mereka, mereka akan menerima undangan yang perlu mereka terima - ini akan muncul di bagian notifikasi akun Meta for Developers mereka. 

Demikian Cara Pasang Chatbot di WhatsApp dan Instagram. Semoga bermanfaat.

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Cara Pasang Chatbot di WhatsApp dan Instagram

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *