July 8, 2023

Hindari Bikin Website di Blogger!

July 8, 2023

Hindari Bikin Website di Blogger

Mau bikin website? Jangan membuat web di Blogger atau Blogspot! Menurut Gotch SEO, setidaknya ada 11 alasan besar untuk menghindari Blogspot tahun 2023.

Yang ngeblog di Blogger, jangan pesimistis dulu! Bara ulasan tentang membuat website di Blogger ini selengkapnya ya.

Umumnya para blogger di seluruh dunia memulai ngeblog dengan membuat website di Platform Blog Blogger. Alasan utamanya, gratis dan milik Google.

Masa kejayaan Blogger mulai pudar, tapi blogging belum mati. Mereka yang ngeblog di Blogger mencapai kejayaan di kurun waktu tahun 2010 sampai dengan 2020. Ini perkiraan CB saja ya!

Dalam tiga tahun terakhir, popularitas Blogger menurun. Banyak blogger yang berhenti ngeblog karena trafik terus menurun yang berdampak pada penghasilan Google AdSense.
 
Yah, karena saya adalah seorang pemula dan saya bangkrut. Jadi, masuk akal pada saat itu untuk memanfaatkan platform blogging gratis.

Alasan untuk Menghindari Blogger

Berikut ini beberapa alasan menghindari bikin website di Blogger, khususnya untuk web bisnis atau untuk personal branding. Untuk web pribadi, Blogger masih yang terbaik!

1. Anda Akan Menyakiti Brand/Kredibilitas Anda

Jika Anda mencoba membangun perusahaan atau mencari nafkah sebagai blogger, maka Anda harus menghindari Blogspot. 

Yang perlu Anda lakukan hanyalah memeriksa industri apa pun yang ingin Anda masuki. Apakah ada perusahaan atau blogger sukses yang membuat blognya di Blogspot? Jawabannya adalah tidak.

Anda perlu meng-host blog Anda di domain kustom Anda sendiri. Saya merekomendasikan WordPress karena menurut saya ini yang terbaik, tetapi ada opsi lain, seperti Wix, Medium, atau bahkan Shopify.

Anda perlu berpikir jangka panjang tentang keputusan Anda.
  1. Apakah Anda serius membangun perusahaan?
  2. Apakah Anda serius ingin menghasilkan uang sebagai blogger?
  3. Jika jawabannya ya, maka Anda perlu bertindak sesuai dengan itu.
Jelasnya, sebuah perusahaan atau lembaga bisnis harusnya membuat website dengan sewa hosting, bukan di hosting gratisan seperti Blogger. Ini yang membuat web bisnis Anda tidak akan kredibel jika dibikin di Blogger.

2. Blogger Tidak Berperforma Baik di Google

Ini bukan hipotesis. Cukup buka Google dan telusuri APA SAJA dan beri tahu saya saat Anda menemukan peringkat .blogspot.com. Anda tidak akan menemukannya! Setidaknya tidak untuk kata kunci tidak bermerek yang berharga.

Sungguh ironis bahwa blog yang dibuat di platform blog Google tidak berfungsi dengan baik di Google.

SEO sudah cukup menantang. Jangan mempersulit diri sendiri/tidak mungkin dengan menggunakan Blogspot. Salah satu faktor terbesar untuk berkinerja baik di Google adalah backlink. 

3. Akan Menantang untuk Memperoleh Backlink

Sebagian besar blogger TIDAK mau menautkan ke blog Blogspot. Blogger skeptis tentang menautkan secara umum. Jadi, skeptisisme mereka yang sudah mengakar ditambah subdomain .blogspot.com Anda adalah resep untuk tingkat konversi yang rendah pada jangkauan Anda.

Sayangnya, jika Anda tidak bisa mendapatkan backlink, Anda benar-benar akan kesulitan dalam pencarian organik.

4. Anda Tidak Akan Membangun Otoritas Situs Web

Salah satu tujuan terpenting dari pembuatan link (tautan) dan SEO, secara umum, adalah membangun otoritas situs web. Membangun otoritas situs web Anda membuat peringkat menjadi lebih mudah.

Inilah sebabnya mengapa situs web seperti Forbes dapat menempati peringkat kedua dan bahkan halaman pertama dalam beberapa jam setelah penerbitan. Karena sebagian besar blogger tidak akan menautkan ke blog Blogspot, Anda akan kesulitan membangun otoritas situs web.

5. Anda Tidak “Memiliki” Blog Anda

Itu benar. Blogger.com memiliki konten Anda. Itu berarti, Anda dapat menghabiskan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk membuat konten SEO, dan itu dapat dihapus dalam sekejap.

Ini saja sudah cukup untuk membuat Anda menghindari platform ini. Keindahan domain khusus dan blog yang dihosting sendiri (self hosted) adalah Anda benar-benar memiliki konten Anda.

Karena Blogger memiliki blog Anda dan semua konten Anda, Anda harus mengikuti aturan mereka. Artinya bahkan dengan mendaftar, Anda menyetujui persyaratan mereka.

Jika Anda melakukan sesuatu yang mereka anggap "keluar dari jalur", mereka dapat menghapusnya.

Apakah Blogger Mati?

Blogger tidak mati; itu masih merupakan platform aktif dan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. 

Blogger adalah platform gratis dan sederhana yang memungkinkan pengguna membuat dan mengelola blog, dan masih menjadi pilihan populer bagi banyak individu dan bisnis kecil. Itu juga terintegrasi dengan layanan Google lainnya, seperti AdSense dan Analytics, dan mudah digunakan. 

Namun, platform lain, seperti WordPress, Medium, Squarespace, dll., telah menjadi lebih umum dalam beberapa tahun terakhir, dan beberapa pengguna mungkin lebih menyukai platform ini karena fitur tambahan dan opsi penyesuaiannya. Namun Blogger tetap memiliki audiensnya, dan masih banyak orang yang menggunakannya.

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Hindari Bikin Website di Blogger!

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *